Menciptakan Momen Bonding Bermakna Untuk Dukung Pertumbuhan Emosional Anak bersama Zwitsal

zwitsal launching

Menjadi orang tua itu sesuatu banget, mengubah status sapaan “saudara” menjadi “Anda”. Dimana tanggung jawab untuk mengasuh sang buat hati menjadi tugas tersendiri. Belum lagi jika saat berusaha memberikan pola pengasuhan anak yang terbaik, malah mendapatkan komentar negatif dari luar. Tentu semua ini menjadikan pengalaman tersendiri bagi kami.

Membersamai anak sebenarnya bukan masalah waktu yang lama (kuantitas), melainkan lebih kepada kualitas. Tentu jika bisa memiliki waktu yang luang dan bisa menemani buah hati dengan berkualitas, itu lebih baik. Hal ini menjadi jawaban atas keresahan bagi sebagian Ibu bekerja, dimana mereka merasa tidak memiliki cukup banyak waktu membersamai si kecil.

Alhamdulillah, pekan kemarin pas tanggal 22 Desember 2022 saya diberikan kesempatan untuk mengikuti webinar Peluncuran kampanye #MomenBondingBermakna melibatkan kehadiran 1.000 orang ibu secara langsung maupun via daring melalui serangkaian aktivitas yang menginspirasi.

Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna

Jakarta, 22 Desember 2022 – Memperingati 50 tahun kehadirannya di Indonesia sekaligus merayakan Hari Ibu, Zwitsal meluncurkan kampanye #MomenBondingBermakna untuk mendampingi para orang tua menciptakan momen-momen kebersamaan yang bermakna bersama anak, yang akan berdampak pada pertumbuhan emosionalnya di masa depan.  Kampanye ini diawali dengan gelaran Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna yang menghadirkan ragam inspirasi dan aktivitas agar orang tua memahami manfaat serta cara menciptakan momen bonding dengan Si Kecil. 

Mahnessa Siregar (Nessa), Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia menyampaikan, “Selama 50 tahun, Zwitsal dengan kelembutan dan keharumannya yang ikonik telah menemani keceriaan perjalanan ibu bersama Si Kecil melalui rangkaian produk berkualitas. Tidak hanya itu, Zwitsal juga ingin terus mendampingi orang tua, khususnya new parents, dalam menghadapi tantangan demi tantangan yang mereka hadapi dalam menjalankan peran baru mereka, terlebih di era modern seperti sekarang yang semakin tak terpisahkan dari social media.”   

Rekor 1000 Peserta Baby Bpa Zwitsal X TheAsianparent indonesia
Rekor 1000 Peserta Baby Bpa Zwitsal X TheAsianparent indonesia

Menjawab Kecemasan Gambaran Ideal Parenting

Studi Priory Group memperlihatkan 40% dari 1.000 orang tua menganggap gambaran ideal mengenai parenting yang tersebar di social media telah memicu kecemasan mereka.  Di tengah fenomena ini, tekanan sebagai orang tua ternyata lebih banyak dirasakan oleh para ibu. Menurut studi Cornell University, para ibu merasa lebih stres menjalani peran sebagai orang tua dibanding ayah, salah satunya karena selalu ingin menyesuaikan image mereka dengan konsep “ibu yang baik”. Bahkan, studi lain dari BabyCenter menunjukkan bahwa 80% ibu millennials merasakan tekanan dari sekitar mereka untuk menjadi ibu yang sempurna. 

Samanta Elsener, M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga menjelaskan, “Keinginan untuk menjadi sosok yang sempurna dapat menimbulkan beragam dampak negatif seperti mudah cemas, rentan terhadap stres bahkan depresi, selalu merasa ’kurang‘ dalam menjalankan peran sebagai ibu, hingga terjebak dalam mompetition atau mom shaming, yang ternyata dialami oleh 88% ibu millennials dan Gen-Z di Indonesia. Menyikapi hal ini, penting bagi orang tua untuk melepaskan diri dari tekanan lingkungan sekitar dan meyakini bahwa sebetulnya, hal terpenting dari perjalanan sebagai orang tua adalah membangun ikatan emosional yang erat dengan anak mereka, yang dapat diciptakan melalui momen-momen bonding yang bermakna.”

“Apalagi, ada begitu banyak manfaat dari momen bonding bagi pertumbuhan emosional Si Kecil, seperti membuat anak selalu merasa aman dan tenang, lebih percaya diri mengeksplorasi berbagai hal baru, membentuk rasa percaya pada orang lain, memiliki self-awareness yang baik, merasa dirinya berharga, hingga mampu berempati pada orang lain,” lanjut Samanta.

Nikita Willy dan Baby Issa
Nikita Willy dan Baby Issa

Belajar dari Public Figure, Nikita Willy

Nikita Willy, Brand Ambassador Zwitsal ikut berbagi, “Aku sangat mengerti tekanan yang sering ditemui oleh new parents sepertiku dan suami.  Di saat kita sendiri masih banyak belajar menjadi orang tua, terkadang komentar dari lingkungan sekitar ataupun media sosial membuat kita merasa cemas sampai gemas sendiri, ya! Tapi aku selalu percaya bahwa aku dan suamilah yang paling tau apa yang terbaik untuk Issa, dan yang paling penting adalah bagaimana kami bertiga selalu punya waktu untuk membangun attachment secara fisik ataupun emosional. Misalnya saat memandikan Issa, momen ini jadi kesempatan buatku dan suami untuk menyentuh

Issa dengan lembut dan berkomunikasi sambil bercanda. Melalui momen-momen seperti ini, aku harap Issa percaya bahwa aku dan suami selalu bisa jadi orang-orang pertama yang dapat ia andalkan hingga nanti.”

Menanggapi kebutuhan para orang tua dalam menciptakan momen bonding dengan Si Kecil, Zwitsal percaya bahwa setiap orang tua memiliki cara tersendiri untuk melakukannya, dan di saat itulah bonding yang bermakna dapat terjalin. 

Oleh karenanya, melalui kampanye #MomenBondingBermakna, Zwitsal memfasilitasi para orang tua dengan berbagai kegiatan online maupun offline yang menginspirasi. Salah satunya video tentang 3 sosok orang tua yang menghadapi tantangan tersendiri dalam berupaya menjadi sosok yang ‘sempurna’ bagi anak mereka. Diharapkan tayangan ini mampu menggugah para orang tua agar terus mengekplorasi cara dan kesempatan untuk menciptakan momen-momen bonding yang bermakna, sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi keluarga mereka.

Baca juga: Tips Membuat Bayi 2 bulan Tidur Lelap

Zwitsal memahami bahwa salah satu bentuk momen bonding paling efektif adalah melalui skin to skin contact yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Hal ini sejalan dengan brand purpose Zwitsal: menjadikan momen perawatan bayi sehari-hari menjadi momen bonding yang bermakna melalui skin to skin contact antara orang tua dan anak. Oleh karena itu, Zwitsal menghadirkan formula baru Zwitsal Baby Bath Hair & Body yang mengandung 4x Prebiotic Moisturizer* yang melembapkan kulit bayi sehingga tetap lembut dan sehat. Dilengkapi keharuman lembut khas Zwitsal, inovasi ini membuat momen mandi menjadi momen bonding yang bermakna. Ada pula Zwitsal Minyak Telon yang memberikan kehangatan dan kelembutan pada Si Kecil di setiap usapan dan pijatan, untuk menemani momen bonding bermakna dengan Si Kecil sebelum ia tidur.

Keseruan Para Pemateri
Keseruan Para Narasumber di depan para Peserta

Untuk mengawali kampanye terbarunya, hari ini Zwitsal mempersembahkan Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna bertempat di Mall fX, Sudirman. Salah satu highlight dari festival ini adalah kelas Baby Spa sebagai salah satu cara untuk menciptakan momen bonding bermakna. Ditemani rangkaian produk Zwitsal, kegiatan yang melibatkan 1.000 ibu secara offline maupun online ini mampu membantu menstimulasi sejumlah indera Si Kecil serta mendorong perkembangan otak dan intelegensianya. Kegiatan ini berhasil memecahkan rekor kelas Baby Spa dengan peserta terbanyak versi theAsianparent – selaku mitra penyelenggara festival. 

Selain itu, di festival ini Zwitsal juga mempersembahkan rangkaian diskusi interaktif bersama sederetan pakar untuk menginspirasi orang tua akan pentingnya menciptakan momen bonding bermakna, terutama di 1000 Hari Pertama Kehidupan yang krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. “Kedepannya, kampanye #MomenBondingBermakna akan terus hadir melalui rangkaian signature activities dari Zwitsal seperti kelas-kelas Baby Spa dan talkshow 1.000 HPK Zwitsal dengan para ahli dan praktisi kesehatan yang diadakan secara berkala. Harapannya, kampanye ini dapat mengedukasi lebih banyak orang tua Indonesia untuk menciptakan momen-momen bonding yang bermakna bersama Si Kecil, tentunya ditemani kelembutan dan keharuman Zwitsal,” tutup Nessa.

Baby Key Mandi dengan Zwitsal Aloe vera
Baby Key Mandi dengan Zwitsal Aloe vera

Pengalaman memakai Produk Zwitsal

Kami sendiri memakai produk Zwitsal untuk bayi sejak anak pertama kami 13 tahun silam (2009), karena selain produknya bagus, sangat mudah untuk menemukan produk-produk Zwitsal.

Zwitsal Aloe vera Baby Bath Hair & Body

Yang kami suka dari produk Zwitsal adalah aroma nya yang soft alias tidak menyengat, dan formulanya mampu membersihkan dengan lembut. Karena diperkaya dengan Aloe vera dan Chamomile sebagai bahan alami, serta diperkaya dengan Pro Vitamin B5 untuk nutrisi rambut berkilau.

Zwitsal Minyak Telon dan Minyak Telon Plus

Minyak telon dengan bahan cajuput dan coconut oil ini mampu memberikan rasa hangat pada bayi. Untuk meredakan perut kembung pada bayi bisa dengan cara mengusapkan minyak telon pada dada, perut dan punggung bayi.

Untuk minyak telon plus sendiri dperkaya dengan Rosemarry dan Lemongrass Oil alami yang bisa membantu meredakan gejala masuk angin seperti perut kembung. Menghangatkan badan dan menghindarkan bayi dari gigitan nyamuk, pastinya juga melembutkan kulit bayi.

Zwitsal Minyak Telon bikin Baby Key Tidur Nyenyak
Zwitsal Minyak Telon bikin Baby Key Tidur Nyenyak

Penutup dan Kesimpulan

Dengan adanya program Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna ini kami menjadi lebi aware tentang pentingnya menciptakan momen bonding bersama anak. Bagi Ibu yang sibuk bekerja sudah menjadi solusi bahwa kebersamaan dengan anak bukan masalah seberapa lama waktunya, namun lebih kepada seberapa berkualitas saat kita membersamainya.

Sedangkan secara produk, Zwitsal sudah dari masa ke masa dan lintas generasi terbukti dapat menjadi solusi kebutuhan ibu dan bayi. Terima kasih Zwitsal.

Tentang Unilever

Unilever merupakan salah satu pemasok terbesar produk Kecantikan dan Perawatan Tubuh, produk Kebersihan Rumah Tangga, dan produk Makanan dan Minuman yang produknya digunakan oleh 2,5 miliar penduduk setiap harinya di lebih dari 190 negara.
Unilever memiliki total kurang lebih 149,000 karyawan dan secara global pada tahun 2021 berhasil membukukan penjualan sebessar €50.7 juta. Lebih dari separuh bisnis Unilever ada di negara maju dan berkembang. Kami memiliki total kurang lebih 400 brands di dunia termasuk brand seperti Dove, Lifebuoy, Knorr, Magnum, Rinso dan brand lain seperti Beauty & Planet, Hourglass, Seventh Generation dan The Vegetarian Butcher.

Di Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933, ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Unilever memiliki lebih dari 4.000 karyawan dan sembilan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.
Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Untuk periode yang berakhir pada tanggal 30 September 2022, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp31,5 triliun terdiri dari penjualan HPC dan F&R masing-masing sebesar Rp20,8 triliun dan Rp10,7 triliun. Sedangkan laba bersih Perseroan mencapai Rp4,6 triliun.

Visi kami adalah menjadi pemimpin di pasar global dalam hal menciptakan bisnis yang berkelanjutan; yang berlandaskan tujuan mulia (purpose-led) dan mampu bersaing dimasa depan (future-fit). Kami memiliki rekam jejak yang panjang sebagai perusahaan yang progesif dan bertanggung jawab. Rekam jejak ini dimulai pada saat pendiri kami, William Lever, 100 tahun yang lalu memperkenalkan sabun pertama yang ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, yaitu sabun Sunlight. Purpose atau tujuan mulialah yang menjadi jantung dari bisnis kami hingga hari ini.

‘The Unilever Compass’ adalah strategi bisnis kami. Sebuah strategi yang akan membawa kami untuk terus tumbuh, tetapi juga berkelanjutan dan bertanggug jawab, hal ini termasuk:
Meningkatkan kesehatan planet
Meningkatkan kesehatan masyarakat, kepercayaan diri dan kesejahteraan, serta
Membantu menciptakan dunia yang lebih adil dan inklusif
Meskipun masih banyak hal yang hars kami lakukan, kami bangga telah diakui pada tahun 2020 sebagai pemimpin sektor dalam Indeks Keberlanjutan Dow Jones dan – selama sepuluh tahun berturut-turut – sebagai perusahaan dengan peringkat teratas dalam survei Pemimpin Keberlanjutan GlobeScan / SustainAbility 2020 .

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Unilever dan brand nya silahkan kunjungi www.unilever.co.id dan aset sosial media kami, Twitter dan Instagram @UnileverIDN, Facebook Unilever ID dan Youtube Unilever Indonesia.

18 Comments

  1. Keren banget Zwitsal bisa bikin event sebagus dan sepenting itu. Emang #momenbondingbermakna harus makin digiatkan agar semua parents tahu pentingnya membangun kedekatan dengan si buah hati.

  2. Duh Zwitsal, body care favorit untuk anak-anakku

    karena suka warnanya yang orange, harumnya yang gak norak, kualitas produknya oke dan harganya sangat terjangkau

  3. Ternyata gak ada juga ya mom shaming, daku pikir body shaming aja.
    Dukungan sesama perempuan dalam hal ini ibu memang harus dong seperti yg dilakukan Zwitsal

  4. Zwitsal memang sering dipakai untuk bayi. Produk yg sudah terkenal dan memang benar2 mengerti akan ke butuhan si kecil. Aromanya juga enak. Bahkan orang dewasa juga kayakny bisa pake Zwitsal…

  5. Zwitsal ini jenama yang legenda banget menurut saya. Long lasting bisnisnya. Produknya juga berkualitas dan dikenal tidak menimbulkan alergi ke bayi/anak. Dulu saat anak-anak masih bayi, kado yang saya harapkan adalah produk Zwitsal ini.

    Sekarang mereka sudah lebih berkembang ya Mbak. Lewat CSR mereka, mengadakan pertemuan atau acara seperti ini tuh membuktikan bahwa mereka tetap peduli pada perkembangan anak. Terutama untuk kesehatan fisik dan psikologis. Keren acaranya

  6. Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna ini membuka kembali ingatanku saat anak-anak masih kecil dulu dan memang produk Zwitsal ini telah menemani banyak anak Indonesia dalam bertumbuh melalui produknya yang nyaman digunakan.
    Urusan mandi dan bayi, menggunakan produk Zwitsal ini terbaik.

    Sukses terus untuk Zwitsal karena yang dibutuhkan orangtua di Indonesia adalah dukungan dan semangat seperti ini.

  7. Switzal ini memang produk dari masa ke masa. Karena produknya sudah cocok dan melekat bagi masyarat Indonesia. rangkaian produknya juga lengkap. Pastinnya menciptakan bermakna antara anak dan ibu.

  8. Sepakat, yang terpenting dari menjadi orang tua itu adalah menciptakan hubungan yang erat dengan anak-anak, jadi ucapan saudara/tetangga/orang tua masuk telinga kiri dan keluar telinga kanan saja. Apalagi postingan di media sosial yang kadang “mengintimidasi” menimbulkan rasa insecure dan juga perasaan belum jadi ibu yang baik.

    Bagus banget event yang di gelar Switzal ini, dan melibatkan sampai 1000 ibu.

  9. Menumbuhkan tumbuh kembang anak menjadi pentingnkarena anak membutuhkannya agar perkembangan maksimal. Salah satu menumbuhkan jonding melalui kegiatan seperti ini.

  10. Iya sih. Apalagi kalau tinggal di pedesaan ya. Menerapkan parenting yang menurut kita bagi. Tapi nggak sesuai kebiasaan sekitar. Maka akan jadi biar bibir.

    Momen bonding bareng tu emang paling asyik kalau ditemani produk bayi kayak Zwitsal sih…

  11. ah Zwitsal yaa.. ini produk baby favorit ketika anak-anak newborn sampai toddler… rasa mengingatkan kembali nostalgia waktu jadi mamah muda.. Acaranya bagus ya, bintang tamu nya juga keren. Nikita Willy kayaknya panutan mamah2 muda zaman now..

  12. Unyu bangetttttt kuning-kuning. Kampanye #MomenBondingBermakna melibatkan 1.000 ibu. Bisa dibayangkan betapa serunya kebersamaan ibu anak yang tercipta dari kampanye ini. Selamat juga karena telah memecahkan rekor the Asian Parent Indonesia.

  13. pas banget Nikita Willy jadi BAnya Zwitsal karena memang aku suka sama gaya parentingnya yang ga terlalu banyak neko neko, dia elegan dan tahu yang mana yang baik untuk anaknya. Pas banget juga suka sama produk Zwitsal untuk Julio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *